Saturday, July 19, 2008

The Beautiful Karo


Berastagi

Berastagi atau Brastagi daerah yang sangat indah. Daerah itu terletak di Sumatera Utara yang berketinggian 1400 meter diatas permukaan laut. Sekitarnya berudara bersih dan sejuk karena peganungan dan hutan-hutan yang indah. Perjalanan 66 km mendaki sangat menyenangkan.

Dari Berastagi kita menikmati pemandangan yang begitu indah ke gunung berapi Sinabung dan Sibayak. Sibayak masih tetap berkerja yang berketinggian 2000 meter dan tidak jauh dari Berastagi. Dalam janjka 3 jam bisa mendaki gunung Sibayak dan menikmati keindahan sekitarnya. Ataupan dari Berastagi3 atau 5 hari perjalalan lintas hutan.
Berastag sangat terkenal dengan kembang, sayur-sayuran dan buah-buahnya. Terutama markisa buah yang sangat terkenal di selurah Indonesia karena easanya yanh enak. Buah ini hanya terdapat di sekitar Berastagi. Sudah beberapa tahun disini diadakan " Pesta Buah " diadakan olehPesta Mejuah-juah
Disini masih ada hotel tua dengan tanah lapangan golf yang bagus. Dulu hotel itu sering dikunjungi oleh pegawai perkebunan Europa yang tinggal di sekitarnya.

Top

Air terjun Sipisopiso

Piso artinya pisau, air terjun yang tajam dan jurang yang dalam di tanah Karo. Air terjun ini terdapat kira-kira 24 km dari Kabanjahe, ditepi Danau Toba dibahagian utar. Disekitarnya pemandangan yang indah dan air terjun ini kira-kira 120 meter. Dari sini dapat menikmati keindahan alam pegunungan hijau dan dibaliknya Danau Toba.

Top

Tongging

Tongging juga terletak di tepi Danau Toba di bahagian Utara dekat air terjun Sipisopiso. Dari sini kita lebih memuaskan pemandangan seluruh Danau Toba.

Top

Lingga

Di kampung Lingga masih terdapat rumah adat Batak Karo, yang atapnya runcing dari tiang dan tetap utuh. Kampung ini terletak kira-kira 4 km dari Kabanjahe dan 15 km sebelah selatan Berastagi. Beberapa diantara rumah-rumah itu lebih kurang 200 tahun.

Top

Kabanjahe

Kabanjahe tidak jauh dari Berastagi , kira-kira 11 km. Penduduk disini kebanyakan penghasilan bertani. Sampai sekarang adat istiadat di hargai dan di dipakai dalam hidup sehari-hari.

Top

Barusjahe dan Peceran

Disini juga sama dengan kampung yang lain, dan seperti di kampung Lingga.

Top

Danau Lau Kawar

Danau ini terletak dikaki gunung berapi Sinabung, kira-kira 27 km dari Kabanjahe. Pegunungan disekitarnya dan air danau itu masih bersih dan jenih.

Top

Air terjun Sikulikap

Air terjun ini banyak dikunjungi oleh parawisata lokal terletak kira-kira 51 km dari Medan.

Top

Lau Debuk

Daerah ini terletak kira-kira 60 km dari Medan arah Berastagi di kaki gunung berapi Sibayak. Dan disini terdapat air panas yang sangat berkhasiat untuk penyakit kulit.

No comments: